INFO PENDAFTARAN UNHAS 2013

MAKASSAR,TRIBUN-TIMUR.COM-Anda calon mahasiswa baru yang bercita-cita kuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas) namun tidak sempat mengikuti seleksi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kesempatan Anda masih terbuka lebar. Pasalnya, masih ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dijadwalkan mulai dibuka 13 Mei mendatang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unhas, Prof Dadang A Suriamiharja mengatakan, untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini Unhas menyiapkan 5.000 kuota mahasiswa baru. “Mereka akan diterima melalui tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yakni jalur SNMPTN PPA, SBMPTN, dan jalur mandiri,” kata Dadang di ruang kerjanya, kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar, Selasa (26/3).

Ribuan kuota mahasiswa baru tersebut akan dibagi untuk tiga jalur penerimaan yakni untuk jalur SNMPTN sebanyak 50 persen, jalur SBMPTN sebanyak 30 persen, dan jalur mandiri sebanyak 20 persen.
Jalur SBMPTN merupakan jalur yang tahun sebelumnya dinamakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ujian tulis. Sekadar informasi awal tahun ini Unhas memperoleh status akreditasi A secara institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

SBMPTN berbasis seleksi hasil ujian tertulis dan terbuka bagi siswa yang lulus UN pada tahun 2011 dan 2012 serta bagi siswa yang tak berhasil memperoleh kursi di PTN melalui SNMPTN. Sedangkan untuk jalur ketiga yakni jalur JNS dijadwalkan akan dibuka setelah pelaksanaan seleksi SBMPTN.

Seleksi SBMPTN ini merupakan seleksi tes tertulis dan atau keterampilan untuk calon mahasiswa yang lulus dari SMA/MA/SMK tahun 2011, 2012, dan 2013. Saat ini ada 62 PTN yang bergabung dalam SBMPTN sedangkan kuota yang disiapkan pada SBMPTN ini minimal 30 persen.

Peserta ujian tertulis kali ini dapat memilih tiga program studi dengan tiga kelompok ujian yang disediakan. Jika pada tahun lalu tiga kelompok tersebut adalah IPA, IPS, dan IPC, maka kali ini terdiri dari kelompok Sains-Teknologi, kelompok Sosial-Humaniora, dan kelompok campuran.

Dalam SBMPTN 2013, untuk kelompok ujian saintek, siswa dapat memilih tiga program studi sains dan teknologi. Bagi kelompok ujian soshum, siswa bisa memilih tiga program studi sosial dan humaniora. Adapun kelompok ujian campuran, dapat memilih program studi campuran dari kedua kelompok itu.

Peserta ujian yang memilih dua program studi atau tiga program studi, salah satu pilihan program studinya harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian.

SBMPTN 2013 diikuti 62 PTN dengan tambahan PTN baru, yakni IAIN Walisongo, Semarang. Seleksi ini dapat diikuti siswa yang telah lulus Ujian Nasional 2011, 2012, dan 2013. Adapun SNMPTN 2013 hanya diperuntukkan bagi siswa yang akan lulus UN tahun 2013.

Untuk SBMPTN sendiri, peserta yang mengikutinya akan dikenai biaya berdasarkan dengan kelompok ujian yang dipilihnya. Pada tahun ini, panitia mematok sebesar Rp 175 ribu untuk kelompok sains-teknologi dan kelompok sosial-humaniora, sementara untuk kelompok campuran dibanderol lebih mahal dengan biaya sebesar Rp 200 ribu. (*)
Unhas Siapkan 5.000 Kuota Mahasiswa Baru
* untuk 3 jalur penerimaan

Kuota maba Unhas:
– 50 persen untuk jalur SNMPTN
– 30 persen untuk jalur SBMPTN
– 20 persen untuk jalur Mandiri

Jadwal Pendaftaran SBMPTN:
– pendaftaran secara online SBMPTN 2013 akan dibuka 13 Mei pukul 08.00 hingga 7 Juni pukul 22.00
– Ujian tertulis pada 18-19 Juni 2013 dan ujian keterampilan pada 20     dan/atau 21 Juni 2013
–  Hasil SBMPTN akan diumumkan 12 Juli 2013

About these ads

4 thoughts on “INFO PENDAFTARAN UNHAS 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s